Cara Cerdas Bawa Uang Saat Traveling

October 13, 2018
news, Shopping

Bagaimana caramu membawa uang ke luar negeri? Kali ini kami ingin sharing mengenai strategi kami membawa uang selama bepergian. Tentunya setiap pelancong memiliki triknya sendiri-sendiri.  Berikut ini adalah cara kami, yang kami rangkum untuk tipe pelancong yang ingin praktis dan bebas khawatir.

 

Mengapa Memilih Cash Minimalis

Jangan sampai kamu merasa ribet dan was-was akibat dompet tebal berisi uang tunai. Ribet, resiko uang bertumpah ruah, juga mengundang perhatian para pencuri. Sebisa mungkin, kamu batasi jumlah uang tunai dan mengandalkan kartu-kartu ajaib.. Kartu ATM dan kartu kredit. Lebih praktis dan aman. Karena jika hilang atau tercuri, dapat diblokir dengan mudah. Sedangkan jika segepok uang tunai hilang, ya sudah, hilang.

Aman membawa cash, kartu ATM, dan kartu kredit

Letakkan uang tunai terpencar di beberapa lokasi, sehingga jika 1 hilang atau kecurian, yang lain masih ada sebagai back up. Misalnya sebagian di dompet, sebagian di ransel/koper utama yang ditinggal terkunci di penginapan, sebagian di tas harian. Favorit kami? Di dalam kaos kaki cadangan! Kalau perlu di lokasi tersembunyi untuk mempersulit pencurian. Walau masih nyesek kehilangan uang, setidaknya tidak seluruhnya lenyap. Begitu pula untuk kartu ATM dan kartu kredit, letakkan terpencar-pencar, tapi tetep harus ingat ya diletakkan di mana.

Liburan Lebih Hemat Jika bersama dengan Grup. Cek jadwal Group Tour yang Sesuai Musim Impianmu!

https://tour-korea.id/product-category/reguler/

Tips Memakai kartu ATM

Perhatikan biaya tarik tunai per transaksi, apalagi jika berada di luar negeri. Kemungkinan ada biaya dari bank kita sendiri, dan mungkin ditambah dengan biaya dari bank ATM yang kita pakai/ dari provider seperti VISA dan MASTERCARD. Besarnya berbeda-beda. Sehingga sekali transaksi/per-penarikan bisa terkena sekitar 25.000-30.000 Biaya ini adalah biaya sekali tarik, tidak tergantung jumlah uang yang ditarik. Karenanya agar hemat, bisa ambil dalam jumlah besar sekaligus daripada bolak-balik ambil jumlah kecil dan tiap-tiapnya terkena biaya transaksi. Tentunya jangan lupa untuk menyimpan uang dengan hati-hati dalam penarikan jumlah besar.

Cara menghindari biaya ini, carilah ATM dari bank yang sudah bekerja sama dengan bank anda, biasanya tak lagi dikenakan biaya transaksi. Bisa ditanyakan langsung ke bank anda masing-masing.

Emergency cash

Selalu bawa emergency cash alias uang tunai darurat dalam jumlah kecil untuk kejadian tak terduga, misalnya kehilangan dompet di tengah jalan. Jumlahnya kecil, hanya beberapa ratus ribu rupiah, sekadar untuk bisa sampai ke fasilitas pertolongan seperti kantor polisi, kedutaan, atau rumah sakit, di mana Kamu dapat meminta pertolongan lebih lanjut. Emergency cash ini diletakkan di tempat tersembunyi yang lekat dengan pakaian, untuk meminimalkan resiko hilang. Mata uangnya sesuai dengan negara yang sedang dikunjungi atau mata uang umum yang mudah ditukarkan di negara tersebut. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *